5 Sikap Anak Yang Berbuat Baik Pada Orang Tua

Keyword
Find

Kasih sayang kedua tidak akan bisa kita balas dengan apapun. Kasih sayang mereka begitu pada kita sejak masih dalam kandungan. Namun kadang kala kasih mereka sering kita manfaatkan untuk mendapatkan segala sesuatu yang kita inginkan tanpa melihat kondisi orang tua. seperti ini sungguh bertentangan dengan apa yang diperintahkan . Kewajiban kita sebagai seorang anak seharusnya bisa memberikan sesuatu yang membuat orang tua merasa dan bisa meringankan beban kedua orang tua baik beban fisik maupun beban pikiran, tentu saja sikap dan tindakan yang dibenarkan menurut ajaran Islam.

Terhadap kedua orang tua dalam hal ini ibu dan bapak, Allah SWT berfirman dalam surat Al ' ayat 24 yang artinya sebagai berikut :

"Dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua karena sayang, dan : Hai Tuhanku kasihanilsah mereka berdua sebagaimana mereka berdua memeliharaku sewaktu kecil. (Al Isra : 24)"

Dari ayat ini dapat diambil pelajaran penting yang diterangkan Allah SWT pada kita terhadap ibu dan bapak agar :

1. Berbuat baik pada ibu dan bapak dalam berbicara kepada keduanya dengan perkataan yang .

2. Merendahkan diri kepada ibu bapak dengan dasar kasih sayang bukan karena terpaksa atau keuntungan materi (harta) yang diharapkan dari keduanya.

3. Mendoakan keduanya agar dikasihi Allah SWT sebagaimana keduanya sering berdoa di kala anaknya masih kecil, supaya anaknya , selamat dan sejahtera.

4. Memelihara ibu bapak dengan baik dan ikhlas karena Allah semata sebab Tuhan yang Maha Mengetahui apa yang terkandung dalam hati si anak ketika memelihara dan memberikan pertolongan kepada ibu bapaknya.

5. Jika ada sesuatu yang menyebabkan kemarahan ibu bapaknya hendaklah lekas memohon maaf kepada keduanya dan bertaubat kepada Allah, tidak mengulangi lagi perbuatan yang melukai hati ibu bapaknya dan Allah SWT akan memberi maaf atas segala kesalahannya.

Demikian itu 5 sikap kita sebagai seorang anak untuk berbuat baik kepada kedua orang tua yang diterangkan dalam ayat Al Quran. Semoga uraian singkat ini bisa menambah keimanan kita kepada Allah SWT.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *