Mengatasi Demam Pada Bayi Setelah Imunisasi

Keyword
Find

setelah diimunisasi adalah hal yang biasa terjadi, tetapi terkadang membuat orang tua panik kalau-kalau terjadi apa-apa pada si buah hatinya. Secara teori yang pasti memang saya tidak tahu kenapa kok bisa sampai terjadi seperti itu, lha wong saya ini bukan dokter kok. Kalau ingin tahu secara pasti monggo silahkan pergi ke dokter dengan membawa gula dan teh. Lho kok kayak mau ke dukun aja pakai bawa gula dan teh, eh,,iya, maksudnya dompetnya harus tebal kalau mau pergi ke dokter, entah itu tebal karena diisi koran yang dilipat-lipat atau diisi apalah yang penting dompetnya harus tebal.

Mengatasi Demam Pada Bayi Setelah Imunisasi

Maaf yang di atas itu hanya ngelantur aja jangan diambil hati, apalagi tersinggung hanya akan membuat ente capek dan bikin cepet tua hehe. Kalau yang ini agak serius, kemarin waktu anak kami diimunisasi, oleh bidan yang memberikan disarankan kalau nanti bayinya panas agar diberi . Memang begitulah yang biasa dilakukan oleh para orang tua agar panas anaknya segera turun. Tapi di keluarga kami tidak seperti itu, untuk itu saya akan memberikan sedikit tips untuk setelah imunisasi, walaupun sebenarnya ini sudah banyak yang tahu.

Ketika disarankan oleh bidan agar diberikan parasetamol waktu si kecil setelah diimunisasi, saya tidak langsung mengikuti saran dari bidan tersebut. Memang parasetamol sudah dikenal secara umum sebagai obat penurun panas. Namun saya tidak ingin membiasakan diri memberikan obat-obatan pada anak kami. Akhirnya kami putuskan untuk mengoleskan parutan bawang merah (jawa : brambang) yang dicampur pada , perut, dada, paha dan mengompres pada ubun-ubunya. Di samping itu tetap terus diberi asi, menjadi konsumsi wajib bagi anak kami. Alhamdulillah demam anak kami segera sembuh walaupun tidak secepat kalau diberi obat-obatan kimia namun tidak sampai 24 jam sudah sembuh.

Entah hal itu dibenarkan dalam atau tidak yang jelas dengan cara seperti tersebut di atas, demam anak kami segera sembuh. Namun begitu saya tidak menyarankan untuk melakukan hal seperti itu, saya hanya menceritakan pengalaman pada keluarga kami saja. Bagi keluarga kami kalau masih bisa dengan cara alami kenapa harus pakai obat-obatan kimia. Kasihan si kita kalau sejak kecil sudah dicekoki dengan obat-obatan.

 

NB. (NamBahin) :

Dengan cara di atas mungkin terkadang bisa menyebabkan kemerah-merahan pada kulit bayi akibat dari getah bawang merah, untuk itu sebaiknya bawang merahnya dibakar terlebih dahulu untuk menghilangkan getahnya agar tidak menimbulkan kemerah-merahan pada kulit si kecil.

1 comment for “Mengatasi Demam Pada Bayi Setelah Imunisasi

  1. May 10, 2013 at 8:00 am

    Memang benar, anak dengan demam tidak terlalu tinggi tidak perlu buru-buru memberikan parasetamol. Tapi bila demamnya tinggi maka usaha menurunkan demam pada anak harus dilakukan termasuk kompres dengan air hangat, banyak minum dan minum obat penurun panas.

    Pemberian parasetamol pada bayi telah dibuktikan sangat aman. Fakta dilapangan adalah parasetamol sudah diberikan sejak dahulu kala dan sejauh ini tidak pernah dilaporkan efek samping serius pada penggunaan dengan dosis terapi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *