Oseng-oseng Labu Siam Selera Pedas

Oseng-oseng Labu Siam

kesukaan saya adalah yang pedas, apapun masakannya asalkan pedas pastilah rasanya. Salah satu resep masakan pedas yang saya sajikan di sini yaitu oseng-oseng labu siam selera pedas. Namanya saja oseng-oseng labu siam selera pedas, pastilah bahan utamanya labu siam. Labu siam cocok dimasak dengan berbagai macam olahan, namun di sini saya ingin menulis resep oseng-oseng labu siam selera pedas.

Oseng-oseng Labu Siam Selera Pedas

Labu siam itu seperti apa sih? Nama labu siam ini di berbagai daerah mungkin berbeda-beda. Kalau di daerah asal saya di Klaten, Jawa Tengah sana labu siam ini biasa di sebut jepan, di daaerah Jawa Tengah lainnya ada yang menyebutnya jipang, namun di Jawa Timur labu siam ini biasa disebut manisah. Labu siam ini cocok dimasak sayur bobor, dimasak oseng-oseng, cukup dikukus saja atau dimasak dengan berbagai macam masakan.

 

Resep Oseng-oseng Labu Siam Selera Pedas

Kali ini saya akan menyajikan resep oseng-oseng labu siam selera pedas. Resep oseng-oseng labu siam selera pedas yang saya sajikan ini cukup sederhana. Seperti pada resep-resep saya sebelumnya, saya menggunakan -bumbu sederhana dan yang pasti dalam resep oseng-oseng labu siam selera pedas ini saya tidak menggunakan penyedap rasa (bumbu-bumbu yang mengandung MSG). Komposisi bumbu dalam resep oseng-oseng labu siam selera pedas ini pun tidak saya sebutkan masing-masing banyak sedikitnya, selain karena saya sendiri kalau memasak memakai perasaan (kira-kira) saja, hal ini pun agar pembaca yang sedang belajar memasak bisa menemukan sendiri kelezatan masakannya dengan caranya sendiri-sendiri tanpa terpaku pada resep-resep yang sudah ada.

Resep Oseng-oseng Labu Siam Selera Pedas

To the point saja, berikut ini resep oseng-oseng labu siam selera pedas yang biasa saya praktekkan.

 

Resep Oseng-oseng Labu Siam Selera Pedas

Bahan bumbu-bumbu untuk membuat masakan oseng-oseng labu siam selera pedas :
- 2 buah labu siam (jepan/manisah)
- Bawang bombay
- Bawang merah
- Bawang putih
- rawit (sesuai selera)
- Cabai merah besar
- Lengkuas/laos, dimemarkan
- bubuk
- Daun
- Ebi
- Kecap manis
- Garam
- Gula merah
- Sedikit untuk menumis

 

Cara membuat oseng-oseng labu siam selera pedas

  • Labu siam dibelah jadi dua, diamkan sebentar agar getahnya keluar.
  • Sementara itu, bombay, bawang merah, bawang putih, cabai rawit dan cabai merah diiris tipis-tipis (dicacah).
  • Labu siam yang sudah dipotong jadi dua tersebut saling digosok-gosokkan agar getahnya keluar semua, kemudian dikupas dan dicuci. Setelah itu labu siam tersebut dirajang tipis-tipis memanjang.
  • Agar nantinya lebih cepat memasaknya dan bumbunya juga lebih meresap, rajangan/irisan labu siam tersebut diremas-remas dengan garam sampai lemas kemudian disiram dengan air, tiriskan.
  • Panaskan sedikit minyak dalam wajan kemudian masukkan bawang bombay, tumis sampai layu, kemudian masukkan bawang putih, bawang merah, daun salam dan lengkuas/laos, aduk-aduk sampai harum.
  • Tambahkan ebi (kalau di sini di , adanya udang kering kecil-kecil/urang gremut), cabai rawit dan cabai merah, jika suka bisa ditambahkan cabai rawit utuh.
  • Masukkan rajangan labu siam sambil diaduk-aduk, tambahkan garam, gula merah, merica bubuk dan kecap manis, aduk-aduk dan ditutup sebentar kira-kira 5 menit.
  • Aduk-aduk sebentar dan oseng-oseng labu siam selera pedas sudah siap disajikan.

 

Begitulah resep oseng-oseng labu siam selera pedas, resep sederhana, cara memasaknya pun tidak sulit, sangat . Selamat mencoba resep oseng-oseng labu siam selera pedas ini, dan selamat menikmati hasil masakannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *